Kerja Keras -> Sukses

Kerja Keras -> Sukses

Senin, 06 Maret 2017

MEMBANGUN KOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN



MEMBANGUN KOMUNIKASI DENGAN ORANG LAIN
Menurut Raymond Ross, Komunikasi adalah suatu proses yang menyortir, memiliki dan mengirim symbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga dapat membantu pendengar dalam membangkitkan daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang selaras dengan yang dimaksud oleh komunikator.
Dalam setiap makhluk sosial memerlukan komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Karena dengan komunikasi maka akan mencapai tujuan bersama. Komunikasi bertujuan untuk saling melengkapi satu sama lain dalam menuju tujuan bersama dapat berupa pola tingkah laku langsung maupun tidak langsung. Membangun komunikasi yang baik juga dapat membangun hubungan atau relasi yang baik, maka jangan heran ketika orang berhasil hanya dengan bermodalkan kata-kata.
Terdapat berbagai macam individu, ada yang aktif, kritis, serta pasif. Dengan tipe-tipe hal tersebut, maka terdapat berbagai macam pula cara menghadapinya. Komunikasi yang baik dapat dibentuk, setiap individu mempunyai hak untuk berbicara maka mempunyai hak juga untuk membentuk sikap komunikasinya menjadi baik.
Pembentukan komunikasi yang baik dengan orang lain dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut adalah cara-cara yang saya gunakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan orang lain :
1.       Berperan aktif dalam kelembagaan
Dengan berperan aktif di kelembagaan maka akan dipertemukan oleh banyak individu dengan sikap yang berbeda-beda. Dalam kelembagaan memaksa kita untuk menyuarakan ide atau gagasan yang kita punyai. Sehingga memaksa kita untuk berbicara. Selain itu, dalam organisasi terdapat banyak kepala maka terdapat banyak ide dan gagasan pula. Dengan adanya perbedaan tersebut, maka akan terbentuk sikap setuju, kurang setuju, menolak, memberi sanggahan, atau menghormati ide atau gagasan orang lain. Menyampaikan nya pun perlu suatu pemilihan kata agar pihak lawan komunikasi kita tidak tersinggung dan dapat menerima pesan kita. Organisasi adalah tempat mengolah skiil salah satunya komunikasi, tempat belajar sebelum nantinya akan terjun ke dunia kerja dengan banyak hal yang lebih menantang sehingga diperlukan komunikasi yang baik.
2.      Memahami sifat orang lain atau lawan bicara
Agar terjadi komunikasi yang  baik dengan lawan bicara atau komunikan maka taka da salahnya jika kita memahami sifat dari lawan bicara. Dengan memahami lawan bicara maka akan terbentuk suatu suasana nyaman yang dapat berdampak pada lancarnya komunikasi, selain itu lawan bicara juga akan merasa tidak terancam sehingga dapat mengeluarkan pendapatnya dengan tidak merasa takut.
3.      Menjadi pendengar yang baik
Untuk membangun komunikasi yang baik dengan orang lain, ketika kita ingin dihargai maka sebaiknya kita juga harus menghargai orang lain. Saat kita ingin di dengarkan maka kita juga harus mendengarkan orang lain. Ketika lawan bicara telah nyaman dengan kita maka komunikasi yang baik lambat laun akan tercipta dengan sendirinya.

Hal-hal diatas dapat digunakan dalam membangun komunikasi dengan orang lain. Masih banyak cara yang dapat digunakan, biasanya individu akan memilih mana yang membuat mereka mudah melaksanakannya sehingga lama-lama komunikasi tersebut akan terbentuk dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar